Memulai Kerja Sebagai System Engineer

Selepas Kuliah dari Jurusan Teknik Elektro ITS pada tahun 2001, mengawali karir sebagai System Engineer.

Pekerjaan pertama yang dilakukan adalah melakukan maintenance server database di lingkungan PT. Jamsostek (Persero). Server tersebar di kantor pusat, kantor wilayah, dan kantor cabang di seluruh Indonesia. Server yang dimaintenance ada yang menggunakan sistem operasi Sun Solaris dan ada juga yang menggunakan Windows NT. SedangkanĀ  database yang digunakan adalah database Oracle, mulai dari versi 7.3.4, 8.0.5, dan 8.1.7.

Pada saat maintenance dilakukan pengecekan terhadap pemakaian storage, kelengkapan obyek-obyek database, serta sistem backup dan restore. Kelengkapan obyek yang dicek meliputi Tablespaces, Table, Constraints, Views, Triggers, Roles dan Stored Procedures untuk memastikan aplikasi berjalan dengan baik.

Sistem backup yang dicek meliputi backup otomatis harian, penyimpanan ke dalam tape backup, dan sistem restore. Dengan adanya sistem backup dan restore yang baik, maka ketika terjadi disaster, masih ada cadangan database, sehingga back log bisa dilakukan seminimal mungkin.

Selain itu pada kondisi khusus juga dilakukan troubleshooting terhadap permasalahan-permasalahan seperti penambahan hard disk baru, lupa password, system full, instalasi sistem operasi Sun Solaris, dan instalasi database Oracle.

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Memulai Kerja Sebagai System Engineer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *