Menjadi Seorang Programmer

Meskipun latar belakang pendidikan bukan dari Teknik Informatika atau Teknik Komputer tetapi senang membuat program komputer. Bahkan Tugas Akhir juga membuat program.

Setelah menjadi system engineer selama hampir setahun, akhirnya mendapatkan kesempatan menjadi programmer pada proyek pembuatan Data Warehousing System. Bahasa pemrograman yang pertama kali dipergunakan adalah Oracle Developer, yaitu Oracle Form Developer 6i dan Oracle Report Developer 6i.

Beuntung mendapat teman kerja lulusan Teknik Informatika, sehingga bisa belajar banyak dari mereka mengenai teknik pemrograman. Selain belajar bahasa pemrograman juga belajar mengenai konsep database, seperti Data Definition Language (DDL) dan Data Manipulation Language (DML).

Di tahun 2003 mendapatkan kesempatan mengembangkan Sistem Informasi Pengendalian Anggaran yang sebelumnya menggunakan Clipper diubah menjadi Oracle Developer. Pada proyek ini, selain menjadi programmer juga membantu System Analyst dalam menyusun User Requirement Specification (URS) dan secara aktif berdiskusi dengan end user. Termasuk juga ikut membuat Entity Relationship Diagram (ERD) menggunakan Power Designer.

Dengan seringnya berinteraksi dengan System Analyst akhirnya banyak belajar pengetahuan dan pekerjaan System Analyst dan di tahun 2004 menjadi System Analyst. Selain itu juga melakukan supervisi terhadap para programmer pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *