PKM Online STMIK Eresha, Gelar Workshop PJJ di SMPIT Rahmatuttoyyibah Al Iflahah

PAMULANG-Pandemi virus corona atau Covid-19 berdampak pada banyak sektor, tak terkecuali pendidikan di Indonesia. Pemberlakuan kebijakan physical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dengan pola pembelajaran berbasih teknologi informasi dan komputer yang pada sebagian sekolah berlaku secara tiba-tiba, tidak jarang membuat pendidik dan siswa kurang siap, termasuk orang tua bahkan semua orang yang berada dalam rumah. Belum lagi kesiapan infrastruktur, jaringan, kuota internet termasuk metode pembelajaran secara daring (dalam jaringan internet).

Walaupun dalam situasi pandemi virus Covid-19, civitas akademika STMIK Eresha Kota Tangerang Selatan tetap bersemangat melakukan aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yakni pengabdian kepada Masyarakat (PKM) secara online pada objek SMPIT Rahmatutthoyyibah Al Iflahah, Gunung Kaler Tangerang Banten.

Objek ini dipilih salah satunya sehubungan sekolah ini masih memiliki keterbatasan baik infrastruktur maupun SDM dalam hal pengajaran jarak jauh. Kegiatan PKM online ini mengusung tema Tantangan Dalam Perubahan Metode Pembelajaran Menggunakan Media Telekonferensi Pada Masa Pandemi Untuk Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik Di Era Digital. Di mana didalam kegiatan tersebut terdapat penjelasan mengenai pembelajaran jarak jauh dan cara pengaplikasiannya.

PKM online yang digelar pada Kamis 10 Desember 2020 ini bertujuan memberikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan staf pengajar khususnya dalam hal pembelajaran jarak jauh. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari program Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Eresha. Kegiatan ini diketuai oleh Makhsun dan dikoordinir oleh Ayu Ernawati.

Kegiatan menyajikan materi dan praktik mengenai pembelajaran jarak jauh dari tim mahasiswa yang terdiri dari Afiani Agus Abdillah, Kanim, dan Septa.

Persiapan dan pelaksanaannya didampingi oleh tim dosen STMIK Eresha seperti I Made Sugi Ardana, Mochamad Adhari Adiguna, Santosa Wijayanto, dan Chrisantus Tristianto.

Kepala Sekolah SMPIT Rahmatutthoyyibah Al Iflahah, Muhamad Sodik, menyampaikan apresiasi kepada seluruh sivitas STMIK Eresha atas terselenggaranya PKM online tersebut. “Kami berharap para guru dapat mengaplikasikan kemampuan yang didapat setelah pelatihan ini pada kegiatan belajar mengajar nanti,” tuturnya.

Dia juga berharap kerja sama dengan STMIK Eresha dalam menunjang kegiatan belajar mengajar terus berlanjut dan berkesinambungan. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat dalam peningkatan mutu pembelajaran, khususnya dalam situasi yang mengharuskan belajar secara daring.

Lebih lanjut, Makhsun, selaku Ketua Pengabdi yang mewakili STMIK Eresha, dalam sambutannya berharap kegiatan PKM online ini dapat memberikan manfaat, serta kontribusi langsung pada sekolah dalam rangka meningkatkan kemampuan dasar staff pengajar.

“Mudah-mudahan apa yang dipaparkan mahasiswa STMIK Eresha, dapat memberikan manfaat kepada sekolah maupun masyarakat,” ucapnya. (ril/esa)

Sumber : Tangerang Ekspress

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *