Jalan-jalan ke Prasasti Batutulis Bogor

Liburan akhir tahun ini diisi dengan berkunjung ke salah satu situs bersejarah di Bogor, yaitu Prasasti Batutulis. Karena tidak tahu persis lokasinya, maka menggunakan bantuan googlemap.

Tiba-tiba saja mbak googlemap mengatakan “anda sudah sampai, tujuan anda di sebelah kanan.” Setelah menoleh ke kanan, yang terlihat hanya ruko, sehingga melanjutkan maju, hingga di sebelah kiri ada gerbang masuk ke Istana Batu Tulis. Menurut petunjuk di google, lokasinya memang di seberang Istana Batu Tulis. Di depan kami ternyata ada peziarah juga yang sedang bertanya ke penjual ubi talas dan pisang di pinggir jalan. Ternyata kami sudah kelewatan, posisinya seharusnya sebelum gerbang Istana Batu Tulis, di sebelah kanan. Kami pun disarankan mundur, karena jalan searah.

Tidak ada tempat parkir khusus, dan kami diperbolehkan parkir di depan gerbang Istana pada sisi kiri, karena sisi kanan digunakan untuk keluar masuk.

Saat itu hujan gerimis, lalu kami menyeberang dan masuk ke areal. Hanya terdapat sebuah bangunan kecil dan di halaman terdapat beberapa tumpukan batu seperti nisan. Ada orang yang sedang di beranda berinisiatif memanggil juru kunci.

Setelah menunggu agak lama datang seorang nenek yang sudah tua membukakan pintu. Setelah pintu terbuka, kami menyaksikan Prasasti yang dimaksud. Di depan prasasti terdapat batu yang bergambar telapak kaki dan tempat lutut.

Nenek juru kunci mempersilakan kami menginjak batu tersebut, lalu melangkah ke batu yang ada telapak kakinya, lalu berlutut ke batu yang ada di depannya yang ada lubang berbentu segi tiga. Setelah itu melewati prasasti.

Setelah melewati prasasti dari belakang, kami disuruh membelakangi lingga yang ada di sebelahnya dan mengaitkan tangan ke belakang (memeluk lingga dari arah belakang) Konon tidak semua orang tangannya sampai untuk memeluk lingga tersebut.

Di depan lingga sekitar jarak 2 meter terdapat batu yang berbentu seperti sandaran kursi. Konon batu ini digunakan untuk penobatan Raja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *