Jumlah Likah Bisa Membuat Sakit Pinggang

likah dipan

Jumlah likah yang salah ternyata bisa membuat sakit pinggang. Ada tradisi Bali yang menjadi panduan memilih jumlah likah.

Likah adalah salah satu komponen tempat tidur atau tempat duduk yang posisinya melintang. Konon jika jumlahnya salah bisa membuat kita sakit pinggang bahkan bisa membawa kita dekat dengan maut. Ih serem ya… Dalam tradisi Bali ada hitungan jumlah likah dengan arti dari masing-masing hitungannya. Adapun hitungannya ada tiga yaitu Likah, Wangke, Wangkong.

Likah

Jika jumlah likah dibagi dengan angka 3 sisanya 1 maka masuk dalam kategori Likah. Jumlah ini adalah jumlah likah yang cocok untuk tempat duduk, tempat tidur, dan sebagainya. Menurut tradisi tersebut, jika jumlah likah 1, 4, 7, 10, 13, dan seterusnya maka sudah sesuai untuk kategori ini.

Jadi jika membuat tempat tidur, tempat duduk atau keperluan lain, maka jumlah likah yang direkomendasikan adalah jumlah-jumlah tersebut. Pilih yang sesuai dengan ukuran dari tempat tidur atau tempat duduk yang dibuat.

Wangke

Jumlah likah akan masuk dalam kategori Wangke jika jumlah likah dibagi dengan angka 3 sisanya 2. Kategori ini tidak cocok untuk tempat duduk, tempat tidur dan untuk keperluan hidup lainnya. Namun kategori ini biasanya dipergunakan untuk keperluan jika ada yang meninggal, yaitu untuk alas pengangkut jenazah. Jumlah yang masuk dalam kategori ini adalah 2, 5, 8, 11, 14 dan seterusnya.

Jika tempat tidur, tempat duduk atau keperluan lain untuk kehidupan memiliki jumlah likah tersebut maka konon dapat menyebabkan kematian bagi yang menggunakannya. Serem ya…

Wangkong

Jika jumlah likah dibagi dengan 3 tidak ada sisanya maka dikategorikan sebagai Wangkong. Konon jika tempat duduk atau tempat tidur termasuk dalam kategori ini, maka akan menyebabkan sakit pinggang bagi yang menggunakannya.

Jumlah likah yang masuk dalam kategori ini adalah 3, 6, 9, 12, 15, dan seterusnya. Percaya atau tidak, itulah tradisi yang diwariskan oleh para pendahulu kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *