Sekolah Dasar

SD Negeri 2 Gesing

Sekolah Dasar adalah jenjang sekolah yang pertama kali dimasuki, karena pada saat itu sekolah Taman Kanak-kanak (TK) belum wajib. Masuk sekolah dasar pada tahun 1984 di Sekolah Dasar Neger 2 Gesing dan berhasil lulus pada tahun 1990.

Sekolah Dasar Negeri  2 Gesing terletak di Dusun Gesing I, Desa Gesing, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Untuk mencapai sekolah ditempuh dengan jalan kaki sekitar 2 kilo meter melalui jalan setapak yang di kiri kanannya terdapat kebun dan sawah serta kali. Jalannya sebagian berundak-undak dan tidak bisa dilewati dengan menggunakan sepeda maupun sepeda motor.

Pelajaran di sekolah dasar dimulai dengan pengenalan huruf dan angka, belajar membaca, dan berhitung seperti yang dipelajari anak-anak TK saat ini. Pada saat-saat tertentu disuruh membawa pecut yang terbuat dari ranting pohon bunga kembang sepatu. Dipilih pohon kembang sepatu karena rantingnya lentur dan lurus. Pecut ini biasanya digunakan untuk menunjuk huruf/kata yang dibaca di papan tulis. Namun tidak jarang digunakan oleh guru untuk memecut atau memukul murid yang tidak bisa membaca.

Ada yang masih berkesan hingga saat ini pada saat pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) di Sekolah Dasar Negeri 2 Gesing. Saat itu masih menggunakan kurikulum Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). Kita dibagi menjadi beberapa kelompok, dan masing-masing kelompok diberikan tugas membantu minimal 3 bantuan. Saat itu kita membantu nenek-nenek yang sudah sangat renta. Kita merasa sangat berbahagia melihat kebahagiaan nenek-nenek itu ketika kita kunjungi. Sang nenek pun berbagi cerita dengan antusias tentang perjuangannya ketika jaman penjajahan Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *